Pertemuan 1 Klik #5 - Kesehatan Pra dan Pasca Nikah

Klik Pertemuan 1 – dr. Hilda
Kesehatan Pra dan Pasca nikah

Membicarakan kesehatan pra dan pasca nikah tentu erat kaitannya dengan reproduksi. Untuk itu, kita harus mengetahui perihal reproduksi tersebut, baik pada diri sendiri maupun pasangan. Terlebih untuk perempuan, untuk mengatur kehamilan dan mendeteksi perkiraan masalah, perempuan sebaiknya mengetahui siklus haid. Karena pada setiap wanita siklus haidnya berbeda. Saat ini banyak sekali aplikasi yang memudahkan untuk mengetahui siklus bulanan.


Patokan masa subur adalah seperdua dari siklus. Misal siklus haid sebut saja mawar 28 hari, maka hari ke 14 dari hari pertama haid adalah puncak masa suburnya .

Mengkonsumsi makanan yang sehat juga diperlukan demi menyiapkan rahim yang sehat. Dari ibu yang sehat sangat mungkin akan terlahir bayi-bayi yang sehat juga. Selain kebutuhan psikisnya, kebutuhan rohani juga harus terpenuhi. Dalam perut ibu, bayi juga bisa merasakan, maka dari itu, ibu harus senantiasa senang, tenang tidak dalam keadaan marah.

Sering olahraga dan terus bergerak juga dapat memudahkan persalinan. Misalkan dengan mengepel di area kamar,. SO jadi ibu hamil tidak boleh malas bergerak dan hanya seharian tidur-tiduran.

Setelah bayi lahir, pastikan untuk memberikan ASI sesuai dengan yang disunnahkan rasulullah, karena sesungguhnya banyak sekali kandungan baik dari ASI. ASI diberikan Allah kepada ibu manusia, dan memang untuk anak manusia, bukan susu sapi untuk manusia, tak cocok kan?


Alasan ibu mengganti dengan susu formula selain kesibukan, yakni ASI yang tidak keluar. ASI semakin banyak diminum, akan memproduksi semakin banyak pula, jadi para ibu tak perlu khawatir akan habis. Hanya saja prosuksi ASI dipengaruhi opleh buah pikiran, jadi ibu tidak boleh stress, banyak sedikitnya ASI tidak ada kaitannya dengan ukuran payudara.

itu catatanku di pertemuan 1 Perkuliahan Klik Klinik Nikah, seru banget yang dibahas dr. Hilda (sampe lupa nyatet) but intinya itu lah, masih banyak banget yang pingin di kepoin urusan kesehatan ini, bersiap-siap jadi calon ayah dan ibu yang cerdas ya guys! ^^

0 komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

Search...